Minggu, 20 Desember 2009

Mengganti Template di Blogger Tanpa Menghapus Widget

Lama ga main di Blogger jadi kaya ketinggalan informasi seputar cara ngeblog. Banyak fitur, template, dan lain sebagainya yang baru. Dan gara-gara banyak template yang bagus-bagus, jadi pengen buat nyoba-nyoba ganti template biar ga bosen..
Ini ada tips buat yang suka gonta-ganti template tapi ga mau menghapus widget yang sudah terpasang di blognya.

  1. Siapkan blog yang mau diganti templatenya, bisa buat baru untuk percobaan atau blog yang sudah ada.
  2. Pilih menu Layout - Edit HTML yang ada di Dashboard kemudian cari tag div yang mempunyai id='sidebar' contohnya div id="sidebar" atau div id="sidebar-wrapper" atau bisa juga yang lainnya tergantung penamaan dari template nya. Kalau pusing liat kode yang banyak itu, coba copy kan semua kode ke dalam text editor seperti notepad lalu lakukan pencarian kata 'sidebar' dengan  dengan menggunakan fasilitas pencarian dalam text editor tersebut, misalnya dengan kombinasi Ctrl+F.
  3. Setelah ketemu, copy kan semua kode widget yang letaknya antara div id="sidebar" sampai /div, bisa langsung copy ke template yang baru atau ke dalam text editor untuk disimpan sementara untuk nantinya dikopikan ke template yang baru di upload.
  4. Setelah dikopi, kemudian pada template yang baru, kembali pilih menu Layout - Edit HTML yang ada di Dashboard kemudian cari kembali tag div yang mempunyai id='sidebar  lalu paste kode widgetnya ke dalam kode template yang letaknya antara div id="sidebar" sampai /div.
  5. Jika sudah, simpan perubahannya. Dengan cara ini, mengganti template jadi lebih mudah.

    Selamat mencoba ...





1 comments:

Anonim mengatakan...

Okelah kalo' begitu
Keren2 :D

Posting Komentar