Senin, 28 Desember 2009

Spelling Bahasa Untuk Microsost Word

Seperti pengalaman saya, sampai saat ini semua versi Microsoft Word dimulai dari 1999 samapi 2003 dan seterusnya tidak menambahkan fitur Spell Check Berbahasa Indonesia. Namun berkat bantuan google dan seorang blogger yang kreatif saya menemukan jawabannya.

Simak kutipan Spelling (Pengecekan kata) Berbahasa Indonesia pada MS-WORD berikut ini!
“Sebenarnya spelling sangat membantu buat para writer untuk mengecek kata-kata yang diketik sudah benar atau belum, apakah ejaanya sudah betul atau yang lainnya.
Kalau kita menulis dengan bahasa inggris memang sudah mendukung untuk spelling. Kita bisa mengecek sekaligus membetulkan bila terjadi kesalahan dalam penulisan atau dalam pengketikan.


Sebenarnya kita bisa membuat kamus berbahasa indonesia sendiri yang bisa kita gunakan untuk spelling bahasa indonesia. Pembuatannya juga tak terlalu sulit, sambil jalan kita bisa menambah isi kamus tersebut. Kamus tersebut tersimpan dalam file ber format TXT dan berisi kata-kata berbahasa indonesia.


Anda bisa mendownload file yang berisi kosa kata bahasa indonesia dan siap digunakan pada MS-Word. Silahkan unduh pada bagian sisi kanan box biru dengan nama Proof.rar.
Atau silahkan download di alamat ini : KLIK di sini! 

Cara instalasi:
1. Download file Proof.rar
2. Extrak file tersebut dalam sebuah folder
3. Pada MS-Word masuk menu tools – Options
4. Pilih tab spelling and grammar
5. Klik tombol Costume directories
6. Tambahkan ke empat file hasil extrakan tadi

Image and video hosting by TinyPic

Cara penggunaan :
1. Gunakan bahasa tetap dalam bahasa inggris untuk default bahasanya.
2. Tekan tombol F7 untuk untuk proses spelling.
3. Bila kata yang di koreksi sudah benar namun belum ada dalam kamus tinggal di add ke kamus aja.”
Silahkan anda buktikan dan sebagai catatan, metode ini sangat berguna sekali terhadap anda yang bekerja sebagai pengetik untuk mengkoreksi kata pada Microsoft word

0 comments:

Posting Komentar